Mengenal Historiografi Islam


Apa itu Historiografi?

Historiografi adalah suatu disiplin ilmu yang hanya dapat merasakan hasilnya oleh penuntut ilmu sesudah berusaha keras dan penuh keahlian. Pembacaan yang teliti diharuskan untuk dapat mencapai kea rah itu, dan dengan pembacaan yang terus menerus serta mendalam berdasarkan informasi-informasi yang diperoleh dari pemberi-pemberi kabar yang ahli yang dapat menghasilkan suatu pengetahuan yang bermutu. Dalam uraian ditunjukkan ada sepuluh kegunaan historiografi.

1.      Mempelajari sekitar kejadian yang dilakukan oleh Allah SWT yang Maha Kuasa. Maha Pencipta  dan Maha Bijaksana. Ini memberikan suatu kesempatan yang legal untuk mempelajari sejarah, sebagai suatu langkah pertama untuk mengetahui Allah dan Ma’rifatullah, perlu bagi orang-orang Islam yang mukallaf. Oleh karena itu Allah memerintahkan di dalam Al Quran untuk mempelajari dan memikirkan bermacam-macam kejadian yang diciptakan Allah di mana semuanya itu merupakan tanda-tanda dari Tuhan.

2.       Bisa berkenalan dengan keadaan tokoh terkemuka umat manusia yaitu para nabi dan para rasul yang telah menyampaikan hukum-hukum agama dan menjelaskan jalan-jalan segala hambatan yang telah ditempuh ketika menyampaikan agama Allah.

3.       Memperoleh penialaian yang lebih teliti dari ayat-ayat Al Quran melalui pengetahuan bagaimana informasi sejarah tentang masa lalu sesuai dengan wahyu-wahyu yang diturunkan untuk kitab suci lainnya melalui nabi mereka masing-masing, walaupun datangnya dari informasi yang buta huruf yang tidak pernah sekolah di dalam bidang ilmu dan sejarah dan juga tidak pernah mengunjungi negeri-negeri lain.

4.       Memperoleh pengetahuan yang cukup mengenai keadaan bangsa-bangsa lain, apakah mereka termasuk kelompo agama atau politik.

5.       Mengetahui tentang kejujuran tentang keadaan dunia ini.

6.       Membangkitkan pikiran luas untuk meningkatkan potensi berfikir yang akan datang kepada mereka.

7.       Menemukan peristiwa-peristiwa menarik yang pernah terjadi.

8.       Memberikan manfaat terhadap intelektual karena dapat mempelajari hal-hal yang luar biasa yng pernah terjadi di muka bumi.

9.       Memperoleh pengetahuan tentang pernyataan-pernyataan berharga dalam prosa atau syair yang dikemukakan oleh tokoh-tokoh terkemuka.

10.   Akan memperoleh berbagai ilmu dari berbagai aspek


sumber Historiografi Islam, Drs. H,A Muin Umar 

Posting Komentar

0 Komentar