Puasa Tasu'a dan Asyura Keutamaan dan Bagaimanakah Niatnya?

 Assalamu'alaikum Wr.Wb

Tidak Terasa bulan Muharram datang lagi dan merupakan bulan yang berlimpahan pahala bagi umat Islam. Muharram dikenal sebagai hari raya atau tahun baru Islam. Pada hari ke 9 dan 10 Muharram, banyak umat islam yang menunaikan ibadah Puasa di hari tersebut.

Puasa Tasu'a dan Asyura adalah puasa sunnah yang dilaksanakan pada 9 dan 10 pada bulan Muharram pada kalender Hijriah. pada kalender  Masehi 2022, puasa Tasua jatuh pada 7 Agustus sementara puasa Asyura jatuh pada 8 Agustus.

Apa manfaat Puasa Tasua dan Asyura

Kemuliaan puasa Tasu'a dan Asyura di bulan HIjriah adalah pahalanya sama dengan 30 hari berpuasa dan puasa Asyura dapat menghapus dosa selama satu tahun yang lalu.

Keutamaan puasa Asyura

Diriwayatkan dari Abu Qatadah ra " Sungguh Rasulullah SAW bersabda pernah ditanya tentang keutamaan puasa hari Asyura, lalu beliau menjawab: Puasa Asyura meleburkan dosa setahun yang telah lewat. (HR. Muslim)

Pada tanggal 10 Muharram, Allah SWT telah mengembalikan kerajaan Nabi Sulaiman. Tanggal itu merupakan suatu penghormatan kepada beliau. Akhirnya sebagai bentuk rasa syukur, Nabi Sulaiman berpuasa dan beribadah kepada Allah SWT. 


Niat Puasa Asyura

"Nawaitu shauma ghadin 'an ada il sunnatil asyura lillahi ta'ala"

artinya " saya berniat puasa sunat asyura esok hari karena Allah Ta'ala"





Posting Komentar

0 Komentar