Bagaimana Cara Membuat Resensi Buku, Berikut contohnya.

Pengarang : Dra.Hermawati,MA
Judul : Sejarah Agama dan Bangsa Yahudi
Kota Terbit : Jakarta
Penerbit :PT.Rajagrafindo Persada
Tahun Terbit : 2005
Tebal Buku : 201
Bab 1 : pengantar
            Buku yang berjudul Sejarah Agama dan Bangsa Yahudi Alasan saya memilih buku ini karena saya sangat tertarik dengan sejarah Palestina dan Yahudi, dan peperangan yang terjadi terbilang sangat lama dari dulu hingga sekarang, membuat saya ingin mengetahui dan mencari tentang sejarah dan cikal bakal semua itu terjadi, yaitu dapat di katakan acara yang sangat panjang. Buku tentang Yahudi dan Palestina masih sangat sedikit ditemukan, dan bagi saya ini adalah peristiwa yang sangat menarik dan juga patut untuk diketahui. Saya penasaran dan sangat tertarik dengan apa penyebab, bagaimana, dan mengapa perang antara Yahudi dan Arab Islam, Israel dan Palestina. Yahudi sangat keras untuk melakukan sebuah pencapaian besar-besaran Yahudi yang Mulus Israel itu di tanah Palestina dengan menuntut negara yang disebutkan yaitu tanah leluhur atau tanah yang di janjikan, sehingga banyak upaya yang mereka jalankan dan untuk mendapatkan semua itu. Maka dari itu saya membuat buku ini untuk menjadi bahan resensi buku saya yang saya pilih untuk memilih ibu pembimbing mata kuliah ini, jauh sebelum tugas ini, saya sangat tertarik dengan sejarah yang menyangkut Yahudi. Perlu adanya buku bacaan terhadap peristiwa yang sangat fenomenal ini, sebagai pengetahuan kita yang luas di atas peristiwa yang sangat penting ini, tidak hanya mengetahui melalui media saja yang banyak ditampilkan tentang zionisme, Islam dan perlawanan Islam yang tidak ada di mata mereka. Dari sampul buku yang di tulis oleh Hermawati ini, dapat kita lihat yaitu hanya gambar yang menunjukkan sebuah Peta yang menunjukkan Peta Palestina. Namun, bagi saya, penutup yang dapat menarik minat saya untuk memilih buku tersebut, namun karena judul yang terdapat pada buku tersebut.

BAB II : ISI BUKU
            Buku yang berjudul Sejarah Agama dan Bangsa Yahudi yang di karang oleh Hermawati terdapat atas 7 bab. Namun pada bab Pertama penulis menjelaskan tentang latar belakang judul, yaitu diperkenalkan secara umum kepada pembaca mengapa ia menulis buku tersebut, berupa sejarah Yahudi Israel dan Arab Palestina, yang akan membahas sejarah Yahudi atau Bani Israel, terjadinya konflik antara Israel dan Palestina dan peran negara Islam dalam menyelesaikan konflik tersebut, dan upaya mencari perdamaian antara Israel dan Palestina. Karena buku yang diterbitkan oleh PT.Rajagrafindo merupakan hasil disertasi Penulis maka pada bab ini ia juga menjelaskan metode-metode yang dilakukan dalam menyelesaikan produksi.
            Pada bab selanjutnya Hermawati menjelaskan tentang Asal usul yahudi Yahudi itu sendiri yang terdiri dari beberapa kata dan makna. Asal usul orang yahudi di riwayatkan yaitu dari 12 keturunan nabi Ya'qub dan asal usul usul Israel dijelaskan dengan sangat jelas dalam bab ini pada subbab ini. Dari kedua belas Ya'qub inilah sejarah Bani Israel akan membentuk karakteristik sebuah bangsa yang di kemudian hari, dan memiliki tanah yang dijanjikan, yaitu tanah Kanaan, seperti klaim mereka, bahwa Kanaan adalah tanah untuk anak cucu Ibrahim yang diklaim sebagai hak milik mereka. Namun. Kanaan memang bukan negeri yang dijanjikan dari segi dan ekonomi sehingga musibah yang melanda negeri tersebut memaksa orang-orang Israel harus mencari persediaan makanan ke negeri tetangga yang memiliki persediaan makanan yang cukup melimpah, seperti Mesir yang dikenal sebagai gudang gandum”. Dua belas orang putra masing-masing memiliki keturunan yang banyak dan berkembang biak.dalam waktu yang tidak lama, mereka menjadi suku yang besar dan berpengaruh terhadap daerah-daerah tempat mereka tinggal. dan kehidupan bangsa yahudi dan sejarah mengapa mereka merebutkan Palestina dengan percaya bahwa Palestina adalah tanah yang mereka temukan. Dua belas orang putra masing-masing memiliki keturunan yang banyak dan berkembang biak.dalam waktu yang tidak lama, mereka menjadi suku yang besar dan berpengaruh terhadap daerah-daerah tempat mereka tinggal. dan kehidupan bangsa yahudi dan sejarah mengapa mereka merebutkan Palestina dengan percaya bahwa Palestina adalah tanah yang mereka temukan. Dua belas orang putra masing-masing memiliki keturunan yang banyak dan berkembang biak.dalam waktu yang tidak lama, mereka menjadi suku yang besar dan berpengaruh terhadap daerah-daerah tempat mereka tinggal. dan kehidupan bangsa yahudi dan sejarah mengapa mereka merebutkan Palestina dengan percaya bahwa Palestina adalah tanah yang mereka temukan.
Bab selanjutnya penulis menjelaskan tentang gerakan yang lancarkan yahudi untuk merebut negara Palestina dengan gerakan yang radikal , ekstrem . “ Zion “ Gerakan gerakan dalam yahudi, tidak langsung maupun langsung berasal dari masa pencerahan yaitu pemikiran yang pada abad 18 di belahan bumi Eropa. Gerakan ini sangat mengagungkan pikiran, bersifat liberal, kemanusiaan dan menjunjung tinggi ilmu pengetahuan dan banyak penemuan ilmiah. Dimulai dari sejarah nya zionisme hingga Penulis menjelaskan tentang Migrasi Yahudi dan berdirinya Negara Israel di Palestina, pada awal gelombang imigrasi Yahudi, hanya 24.000 Yahudi tinggal di Palestina. Ada dua peristiwa penting yang menjadi fondasi bagi berdirinya Negara Yahudi di Palestina pertama, perjanjian Sykes Picot 1916 antara Inggris dan Perancis yang membagi peninggalan Usmani di wilayah Arab, Palestina dijadikan status wilayah Internasional. Kedua, Deklarasi Balfour tahun 1917 yang menjanjikan sebuah negara bagi yahudi di Tanah Palestina pada gerakan Zionisme.
            Kemudian , Penulis mengalirkan atau mengembangkan peristiwa yang telah diperlebar sepanjang zaman dalam bab selanjutnya, tidak lagi berfokus pada Yahudi, namun tertuju kepada Palestina, yang mana Palestina adalah objek para bangsa Yahudi dalam rencana merebut atau menjajah Palestina. Maka penulis dalam bab ini menjelaskan tentang letak negara Palestina, juga disebutkan bahwa negara Palestina, temukan negara dengan letak geografis yang sangat strategis, maka tidak heran jika banyak Agama yang memperebutkan negara ini , yaitu negara Palestina yang sangat terkenal yaitu Yerusalem. Dan Penulis juga menjelaskan asal usul Orang Palestina, yang mana dalam buku ini di sebutkan bangsa Palestina berasal dari kaum Kanaan.
            Selanjutnya, penulis menjelaskan tentang Semangat Nasionalisme di kalangan bangsa-bangsa Arab tumbuh pada awal abad ke 20, seiring dengan tumbuhnya dominasi kekuatan bangsa Eropa di Timur Tengah yang menggantikan posisi Imperium Turki Usmani. Banyak gerakan yang didirikan oleh Palestina untuk mempertahankan negaranya, dan mencoba diri dari cengkeraman Israel.
Selanjutnya, pada bab berikutnya penulis menjelaskan tentang peran-peranan negara Islam dalam menyelesaikan konflik Israel dan Palestina, diri dari cengkeraman yahudi yang terus menyiksa rakyat hingga sekarang. Salah satunya yaitu PLO (Organisasi Pembebasan Palestina), munculnya PLO membawa perubahan kualitatif terhadap aspek-aspek kehidupan politik dan organisasi bangsa Palestina, selain itu ada Al fattah, ANM (Gerakan Nasionalis Arab), hamas.
Hamas berarti gerakan perlawanan Islam, dan banyak lagi gerakan-gerakan selain ini,
Konflik Israel dan Palestina yang berlangsung sangat lama dan telah menelah banyak korban nyawa dan harta manusia. perang juga menghancurkan tatanan masyarakat, menelantarkan masa depan anak-anak dan melibatkan beberapa negara tetangga yang telah langsung dengan Israel, OKI turut berperan dalam menyelesaikan konflik di kawasan Timur Tengah itu. 
Arab saudi dalam penyelesaian masalah Palestina merupakan misi dan politik luar negeri Arab Saudi yang dirumuskan tahun 1943.
Mesir, keinginan Mesir yang kuat terhadap penyatuan Arab ini adalah dalam rangka menghadapi Barat, pada awal dan pertengahan tahun 1960, Mesir menghadapi sejumlah masalah serius yang menyebabkan kemunduran bagi Mesir setelah beberapa periode menikmati kesuksesan sejak masa revolusi.
OKI, sejak permulaan abad ke 18, kondisi dunia Islam secara politis berada di bawah penetrasi kolonialisme. kekuatan Islam yang terakhir disegani yaitu kerajaan Usman di Turki terus mengalami kemunduran.
Selanjutnya, kita sampai pada bab yang terakhir dimana penulis dalam bab terakhir ini membuat kesimpulan buku yang telah di rangkumnya yang terdiri 200 lebih halaman tersebut, dalam satu bab , yang terdiri hanya beberapa halaman dan selain itu dalam bab ini terdapat daftar Pustaka.
BAB III :
SEBUAH.    Kelebihan
Mudah dipahami, karena terangkum semua dalam satu buku yang tidak terlalu tebal tersebut. Dapat dibaca oleh siapa pun, sumber yang digunakan Primer penelitian yang dilakukan berasal dari penelitian yang serius.
B.     kekurangan
Karena dalam buku yang tidak terlalu tebal tersebut, namun membahas semuanya, tetapi tidak membuat para pembaca kesal karena tidak tuntas, mungkin karena halamannya yang sedikit. Walau buku ini mudah dijangkau, tapi masih terdapat kata-kata yang di ulang-ulang.
C.    Rekomendasi
Saya rekomendasi kepada semua teman-teman, dan orang-orang yang menyukai tentang sejarah Yahudi dan Palestina. Namun, bagi saya membaca itu penting karena dapat membuka cakrawala dunia kita, membaca buku ini juga sangat penting bukan hanya untuk orang yang penasaran atau peduli dengan Yahudi dan Palestina saja, namun sepatutnya kita harus mengetahui bagaimana saudara kita Muslim yang berada di Palestina menghadapi kekejaman dari yahudi, dan apa sebab cikal bakal perebutan wilayah tersebut, tidak salahnya kita mengetahui sejarahnya. Buku ini bagus di baca oleh siapa saja juga bagi pemula, karena bahasanya bagus dan sedikit banyak nya sudah dijelaskan di dalam buku ini apa yang anda inginkan, mengenai penasaran atau informasi yang sedikit tercover dalam buku ini,







Posting Komentar

0 Komentar