Contoh Laporan Kewirausahaan

BAB I : PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Untuk bertahan hidup, manusia membutuhkan faktor  ekonomi sebagai penunjang hidup . Ekonomi di dapatkan dari berbagai cara. Yaitu dengan memperjualbelikan barang atau jasa. Dalam lingkupan barang, manusia bisa melakukan berbagai usaha, baik usaha rumahan, usaha kecil-kecilan (menengah), maupun usaha berskala besar dengan modal yang fantastis.
 Melihat daerah  yang sangat padat akan penduduknya, dan masyarakat yang  sibuk  dalam melakukan aktivitasnya setiap hari, manusia memerlukan sumber energi agar tubuh tetap sehat dan kuat. Seperti yang diketahui sumber energi manusia adalah makanan yang  bergizi. Keseharian masyarakat Indonesia dan masyarakat Aceh pada umumnya makanan pokok yaitu nasi dan lauk pauk  dijadikan sebagai sumber energi utama yang dikonsumsi setiap hari. Di samping itu untuk menemani waktu senggang, masyarakat juga membutuhkan makanan ringan untuk menunda lapar. Makanan ringan dijadikan snack atau cemilan ketika waktu bersantai bahkan terkadang makanan ringan juga dijadikan sebagai penunjang makanan pokok. Di Banda Aceh sendiri sangat banyak penjual yang menjajakan makanan ringan di berbagai tempat.
Berdasarkan hasil pengamatan dan  penelitian lapangan,   maka kami akan mengajukan usaha penjualan makanan ringan untuk dikonsumsi oleh masyarakat Banda Aceh. Makanan ringan yang kami ajukan adalah BURGER. Meskipun tergolong makanan ringan, namun kandungan material makanan ini sangat berguna untuk kesehatan manusia dan juga mengenyangkan.
Karena menjamurnya penjual makanan ringan di Banda Aceh, dibutuhkan inovasi yang kreatif dan berbeda dari biasanya untuk menarik hati pengunjung. Hal ini sangat dibutuhkan untuk keberlangsungan usaha  si penjual untuk menjaga eksistensi dari usaha yang dikembangkannya.
Visi kami dalam membuka usaha ini adalah untuk  meningkatkan perekonomian  hidup dan meningkatkan ekonomi pasar serta mengasah kemampuan dalam kewirausahaan.
Misi kami dalam menjalankan usaha ini adalah untuk mendapatkan keuntungan. Karena usaha ini adalah bentuk usaha yang kami bangun  bersama maka “untung sama di bagi rugi sama di tanggung”.


B.     Jenis Usaha
Jenis usaha yang kami tawarkan kepada masyarakat berupa jenis makanan ringan yang dapat dikonsumsi oleh siapapun dimanapun dan kapanpun. Model usaha yang kami jalankan adalah usaha kecil-kecilan (menengah) berupa jajanan kaki lima yang menggunakan gerobak sebagai  tempat atau alat melakukan aktivitas usaha.  Harga yang ditawarkan mampu dijangkau oleh semua kalangan dan penyajian praktis. Jenis makanan ringan yang kami pilih adalah BURGER.

C.    Nama Perusahaan
RIHOEN BURGER. Alasan nama tersebut adalah karena zaman semakin modern dan budaya jangan disingkirkan maka sebagai pemerhati, penikmat serta penerus budaya yang aktif dan kreatif, maka kami mempoligamikan dua nama yang berasal dari Barat dan Aceh.

D.    Lapak/ lokasi
Rukoh, Darussalam, Banda Aceh, Aceh, Sumatera, Indonesia, Asia Tenggara.

E.     Target Pasar
Target usaha yang akan kami jalankan adalah dari anak-anak, Remaja/ Mahasiswa, dan Dewasa.

F.     Promosi dan Pemasaran
Promosi usaha  yang kami lakukan yaitu berupa penyiaran melalui media sosial, spanduk dan semangat kami.

G.    Laporan keuangan
Karena usaha ini adalah bentuk usaha bersama maka modal yang kami dapatkan berasal dari sekelompok pendiri usaha RIHOEN BURGER. Modal utama yang kami tawarkan kurang lebih Rp500.000,- .



   BAB II: PENUTUP
Dengan usaha dan semangat yang di miliki oleh sekelompok mahasiswa untuk menjalankan usaha mandiri, kami mengharapkan doa dan dukungan serta persetujuan proposal usaha yang kami ajukan kepada Dosen Pembimbing. Semangat kami tidak akan pudar dan terus berkibar walaupun di penghujung akhir mata kuliah. Dan dengan adanya usaha menengah yang kami jalankan juga dapat menyenangkan hati orang tua kami dan tentunya memperbaiki perekonomian Indonesia.

                                                LAMPIRAN
a.       Biodata pemilik Usaha
1.      Marzatil Husna
TTL : Idi, 22 Mei 1996.
Asal : Idi Rayeuk, Aceh Timur
Kontak : 085371188004
2.      Yuni Saputri
TTL: Takengon, 24 Oktober 1996.
Asal : Bireuen.
Kontak : 082368086056
3.      Fahmi Rezi
TTL : Kota Fajar, 22 Februari 1994
Asal : Kota Fajar
4.      Mulyani
TTL : Mereudu, 07 Mei 1996
Asal : Pidie jaya
5.      Liza Anhar Effendi
TTL : Dah, 30 April 1996
Asal : Subulussalam.
6.      Nizal
TTL : Aceh Barat Daya, 10 April 1994
Asal : Aceh Barat Daya


Posting Komentar

0 Komentar