Cara Mendapatkan Ilmu


Ilmu adalah suatu yang sangat berharga, sesuatu yang sangat dibutuhkan manusia. ilmu menjadikan manusia akan semua eksistensi yang dibutuhkan manusia dalam melangsungkan kehidupan. Ilmu dalam konteks umum, yaitu tergolong dalam semua hal pengetahuan. Namun ada ilmu yang mulia bentuknya, cara mendapatkan ilmu yang mulia tentu mempunyai sesuatu syarat yang mulia pula.  Nah, jadi agar kita mendapatkan kekuatan untuk belajar atau untuk memperoleh ilmu  tentu juga untuk mengamalkannya dalam kehidupan se hari- hari maka bagi kita yaitu harus menempuh dengan cara- cara sebagai berikut yaitu :
1.       Niat, niat adalah hal utama untuk segala apapun pekerjaan yang ingin kita lakukan , niat adalah yang menentukan segalanya ke depan. Maka perlu untuk itu kita untuk meniatkan misalnya dalam hal untuk menuntut ilmu, kemana akan kita bawakan dan kita pergunakan ilmu yang kelak akan kita dapatkan nanti .
2.       Bersungguh- sungguh atau berusaha dalam mendapatkan ilmu, mendapat kan ilmu itu tidak mudah, namun juga bisa akan sangat mudah bagi mereka yang bersungguh- sungguh.
3.       Mencintai Ilmu, mencintai ilmu berarti tentu juga kita akan mencintai  gurunya ,  tentu akan membuat kita nyaman dan mudah dalam mendapatkan ilmu .
4.       Mendakwahkan atau menyampaikan dan mendiskusikan tentang betapa pentingnya ilmu, karena hidupnya ilmu manakala yaitu sering di diskusikan, baik itu berupa bentuk ilmu syariah  atau hukum islam, maupun ilmu yang keutamaan beramal kepada orang yang kita jumpai.
5.       Berlatih diri dan mengajak orang lain intuk melakukan hal yang sama, dengan jalan membuat kelompok belajar, majelis dimana gunanya disana akan membuat kita berbagi dan bertukar pikiran dan akan membuat kita terlatih dan memenuhi adab- adab menuntut ilmu , mendengar ta’lim dari ulama dengan tawajjuh atau penuh dengan konsentrasi agar hal yang kita dengar itu melekat pada diri , atau kita yang membacakan dan yang lain akan mendengar.
6.       Banyak- banyaklah bertanya kepada guru , pada orang yang berilmu baik masalah agama juga masalah akhirat, misalnya hukum jual beli, waris, juga mengenai ilmu fiqh tentang shalat, puasa, zakat dan lain- lainnya.
7.       Menghadirkan fadhillah , keutamaan dalam setiap beramal, dengan maksud untuk memotivasi diri agar bertambah semangat dalam mengamalkan perintah Allah dan Rasul nya, misalnya bagaimana keuntungan orang yang menjaga Shalat di awal waktu, membaca Al- Quran , puasa senin dam Kamis , bagaimana, bagaimana terus yang lain sebagainya .
8.       Senantiasa berdoa kepada Allah agar di permudahkan dalam mendapatkan Ilmu dan dalam mengamalkan ilmu . memohon keberkahan ilmu yang telah di dapatkan sehingga dapat abadi dan dapat bermanfaat bagi orang lain .
 Semoga bermanfaat


Posting Komentar

0 Komentar