Makam Teuku Nyak Arif



Makam Teuku Nyak Arif

Mengenal Teuku Nyak Arif yaitu seorang pahlawan Nasional  yang lahir pada tanggal 17 Juli 1899 yang menjadi seorang pahlawan legenda, beliau ialah gubernur Aceh pertama disamping itu juga beliau seorang pelopor RI beasiswa untuk pendidikan anak Aceh, dengan bakal pendidikan yang beliau miliki, membawa alam pembaharuan dalam kehidupan pendidikan untuk masyarakat aceh.
Beliau meninggal pada tanggal 4 mei 1946, beliau meninggal di Takengon, namun beliau di kebumikan di tanah keluarganya yaitu Lam Nyong , Lamreung kabupaten Aceh Besar, jarak tempuh ke tempat tersebut sekitar 1 km dari jembatan lamyong.



  

Pemakaman Teuku Nyak Arif berada di dalam Pagar ini, didalam area tempat pemakaman ini juga terdapat makam ayahnya yaitu Teuku nyak Banta, pemakaman ini dijaga oleh keturunan beliau sendiri, tempat ini bukanlah tanah pemerintah namun dilindungi juga oleh pemerintah, tanah ini ialah tanah keluarga beliau .
dibawah atap tersebutlah, tempat dikebumikan Teuku Nyak arif, tempat yang seperti berbentuk rumah tersebut dibangun pada tahun 90 an, hasil wawancara kami dengan Pak Fauzi Abidin yang menjaga makam tersebut.
Keturunan Dari Teuku Nyak Arif yang masih ada yaitu tinggal di sekeliling Tempat pemakaman tersebut, dan yang menjaga pemakaman ini adalah Pak Fauzi Abidin dan Cut malawati mereka adalah suami istri, yang berketurunan dari teuku Nyak Arif ialah Istrinya yaitu Cut Malawati. Dibawah ini ialah makam Teuku Nyak Arif Sekilas gambar Potret kami.
 

Panjang kuburan Teuku Nyak Arif 16 jengkal. Tingginya sekitar 4 jengkal. Didalam rumah makam ( pura ) tersebut terdapat makam-makam keluarganya terdekat seperti Ayah Beliau yaitu Teuku Nyak Banta, Cut Nyak cahya, Cut Nyak Basiah, T. Abbas, T Amsar, T.M yusuf.
yang ini adalah hasil potret makam T. Nyak Banta ayah nya Teuku Nyak Arif yang pernah menjadi panglima Sagi XXVI.

  Diluar pura juga terdapat beberapa makam keluarga antara lain T.M.daud ( adiknya Nyak Arif ), Cut Yusna, Cut nyak Teungoh.


     Tempat pemakaman Teuku Nyak Arif ini akhirnya menjadi diberi gelar makam kepahlawanan oleh pemerintah .


Dari informasi yang kami dapatkan, ketika Teuku Nyak Arif ditangkap di lamnyong , limpok yang sekarang tempat sekolah turki yaitu fatih bilingual school,

 dan tanah fatih tersebut adalah tanahnya Teuku Nyak Arif yang sekarang dijual, beliau ditangkap untuk diasingkan ke Takengon hingga akhir hembusan nafas beliau terakhir , berada di Takengon. Tentang kematian beliau dari yang kami dapatkan ada dua pendapat bahwa ada yang mengatakan beliau sakit dan ada yang mengatakan bahwa beliau diracuni oleh orang yang tidak dikenal baik dalam minuman atau makanan. Rumah Teuku Nyak Arif semasa hidup nya yaitu berada di lamnyong , Limpok ,Darussalam, Banda Aceh.


Inilah hasil potret gambar Rumah semasa hidup Teuku Nyak Arif , beserta Keluarganya. Rumah ini berada dekat mesjid putih sebelum jembatan lamnyong jika dari Darussalam. Sekarang rumah ini dijaga atau di urus oleh cucunya Nyak Arif. Mengenai kabar istrinya dan bagaimana kematian Istrinya tidak ada yang mengetahui, keturunannya yang masih ada yaitu Anak kandungnya Teuku Samsul Bahri yang sekarang berada di Medan. video kami ketika hendak menuju ke tempat makam Teuku Nyak Arif

Inilah beberapa koleksi foto hasil observasi kami


             Para observator yang sedang mendengarkan penjelasan dari penjaga makam Teuku Nyak Arif. video kami ketika wawancara bapak Fauzi 

Begitulah hasil perjalanan hasil observasi kami, dari kelompok 5  yaitu:

salam kami.. :)
Marzatil Husna, Taufiq Riwandi, Yuni Saputri, dan Gita Anggun Triana
Jurusan sejarah dan kebudayaan Islam
Fakultas Adab dan Humaniora
Universitas islam Negeri Ar-raniry.
                                        

Posting Komentar

0 Komentar